RENSTRA BAB V
PROGRAM STRATEGIS
Sasaran yang akan dicapai sesuai dengan cakupan di dalam Rencana Strategis STISHK tahun 2016 – 2025, diimplementasikan secara tahunan yang selanjutnya dijabarkan sebagai Rencana Operasional (RENOP) tahunan. Penetapan sasaran strategis ini diperlukan untuk memberikan pusat perhatian dalam penyusunan kegiatan dan alokasi sumberdaya organisasi setiap tahunnya. Sasaran-sasaran yang telah ditetapkan digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan strategis, sehingga bila sasaran strategis telah dicapai maka tujuan strategis yang terkait juga telah dicapai.
NilaiDasar
Sebagai institusi yang bergerak di dunia akademik, STISHK berpegang pada nilai-nilai inti sebagai berikut:
- Integritas. Menjunjung tinggi integritas berlandaskan pada sikap moral dan perilaku yang sesuai kode etik dan standar perilaku profesi;
- Akuntabilitas. Menerapkan pengelolaan akademik dan administratif yang dapat dipertanggung-jawabkan, terukur, efektif, efisiensi dan transparan.
- Solidaritas. Menjunjung kebersamaan dan persatuan untuk mencapaitujuan dan meraih visi yang sama.
- Kualitas dan Produktifitas. Mengembangkan budaya peningkatan mutu berkelanjutan dengan menerapkan etos kerja yang produktif.
- Inovasi. Menghasilkan karya-karya kreatif, bernilai tambah dan bermanfaat bagi pengelolaan, masyarakat dan pembangunan.
Implementasi Renstra institusi pendidikan dan pencapaian tujuan strategis (strategic goals) organisasi harus berpedoman kepada prinsip dasar dan nilai-nilai inti yang membangun filosofi organisasi. Nilai-nilai inti tersebut menjadi kerangka acuan dalam berbuat atau bertindak oleh segenap civitas akademika. Filosofi organisasi merupakan code of conduct yang diturunkan dari nilai-nilai inti organisasi, dan menjadi pedoman dalam kehidupan lingkungan organisasi.
ArahKebijakan
Untuk mencapai tujuan strategis diperlukan arah kebijakan dan strategi untuk mencapainya secara efektif, efisien dan memberikan multiplier effect yang luas. Arah kebijakan sebagai berikut:
- Penerapan kurikulum berbasis KKNI terintegrasi untuk peningkatan mutu lulusan yang relevan dengan dunia kerja dan dunia pendidikan lanjutan serta penambahan kurikulum dengan kompetensi tahfidz sebagai tambahan kompetensi bagi lulusan
- Penguatan program yang mendukung penguatan mutu penelitian dan publikasi
- Peningkatan jaringan kerjasama secara institusional dan individual dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kontribusi dana untuk pengembangan
- Peningkatan mutu dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta tata kelola sekolah tinggi dan unit kerja yang didukung dengan merit system.
- Penerapan sistem manajemen mutu terintegrasi (SMM- Terintegrasi) untuk meningkatkan mutu akademik dan pelayanan akademik yang berkelanjutan.
- Peningkatan efektivitas teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan akademik dan tatakelola Sekolah Tinggi.
STRATEGI UMUM
Strategi dasar adalah kumpulan langkah-langkah strategis yang dilakukan sekolah tinggi dengan merujuk kondisi faktor internal dan eksternal. Rumusan strategis dasar sebagai berikut:
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran program sarjana untuk menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur dan berdaya saing global.
- Membangun akademik atmosfir yang kondusi fdibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal internasional dan paten yang bernilai ekonomis.
- Memfasilitasi dosen dan tenaga kependidikan dalam studi lanjut dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di bidang akademik dan manajerial.