Kuningan, 02 November 2022. Program Tri Dharma Perguruan Tinggi terus dilakukan oleh seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan, khususnya oleh para dosen, baik di bidang Pendidikan, Penelitian, maupun Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Dalam pelaksanaannya, Tri Dharma Perguruan Tinggi diperkuat oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi, “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.

Salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan secara berkesinambungan adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Hal ini dikarenakan, program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menjadi salah satu program wajib, khususnya bagi dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan. Selain itu, adanya program PkM juga menjadi wadah bagi civitas akademika untuk berperan aktif di tengah-tengah kehidupan masyarakat sebagai wujud dari pengimplementasian keilmuan yang dimiliki. Salah satu tempat yang dijadikan lokasi program PkM oleh STIS Husnul Khotimah Kuningan adalah Desa Ciniru Kecamatan Ciniru Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Ciniru menjadi salah satu program berkesinambungan atas program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan. Program PkM yang dilakukan sudah berlangsung dua pekan, yakni pada 26 September dan 24 Oktober 2022 oleh Dr. Dina Madinah, S.E., M.Acc., selaku Ketua LPMI dan Dr. Mualim, S.Pd.I., M.A., selaku Ketua STIS Husnul Khotimah Kuningan ini, berupa Pengisian Kajian Keagamaan kepada masyarakat Desa Ciniru. Dalam praktiknya, masyarakat Desa Ciniru memiliki antusias untuk mengikuti kajian tersebut. Hal ini tentu menjadi peluang yang baik, khususnya bagi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan itu sendiri untuk terus berperan aktif di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, maka tujuan dari program Tri Dharma Perguruan Tinggi  khususnya di bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dapat terwujud, yakni untuk menciptakan masyarakat dan/atau generasi muda dengan kemampuan berpikir kreatif, inovatif, sekaligus mandiri di bidang keilmuan, baik keilmuan Islam maupun keilmuan umum lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.