Kuningan, 27 Maret 2022. Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan mengadakan agenda Kuliah Tamu dengan menghadirkan Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag., yang merupakan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, DPK Universitas Ibn Khaldun Bogor, sekaligus Sekretaris BPH DSN-MUI. Kuliah Tamu dengan tema “Menuju SDM Syariah yang Unggul”, tersebut bertempat di Aula STISHK Kuningan.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Ahad, 27 Maret 2022 tersebut dihadiri oleh seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan, baik Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) maupun Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), serta para dosen. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula STISHK Kuningan ini berlangsung pada pukul 13.00 WIB hingga selesai. Meskipun dilaksanakan pada siang hari, akan tetapi tidak menyurutkan semangat bagi para mahasiswa untuk tetap mengikuti kegiatan Kuliah Tamu dengan tertib dan serius.

Kegiatan Kuliah Tamu dipandu oleh  Dr. Yadi Fahmi Arifudin, S.S.I., M.S.I., ini diawali dengan pembukaan dilanjutkan pembacaan tilawah oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, yakni Yayat Hidayat, Lc., M.H. Acara berikutnya adalah sambutan, yang dalam hal ini disampaikan oleh Dr. Mualim, S.Pd.I., M.A., selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan. Setelah sambutan dari Ketua STISHK Kuningan berlangsung, selanjutnya penyampaian materi pada Kuliah Tamu oleh Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag., dan akhir dari kegiatan acara Kuliah Tamu ditutup dengan penutupan.

Dalam sambutannya, Dr. Mualim mengingatkan tentang sengitnya persaingan global yang akan dihadapi di masa yang akan datang, terutama oleh para calon sarjana syariah. Oleh karenanya, para mahasiswa perlu mempersiapkan diri menghadapi tantangan tersebut dengan terus meng-upgrade diri menjadi pribadi-pribadi yang unggul.

Sementara itu, Prof. Jaih Mubarok, selalu membicara tunggal dalam Kuliah Tamu kali ini menyampaikan materi dengan judul “Menuju Lulusan HES STISHK yang Unggul”. Dalam materinya, Prof. Jaih menyampaikan tentang bagaimana mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sesuai perspektif Perguruan Tinggi, selain menyampaikan hal-hal yang terkait keilmuan syariah. Menurut Prof. Jaih yang juga merupakan Sekretaris Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) tersebut, paling tidak ada tiga kompetensi utama yang harus dimiliki agar bisa menjadi SDM yang unggul. Ketiga kompetensi tersebut adalah akhlak mulia (character), intelek (ilmu), dan keterampilan (baik keterampilan umum maupun khusus). Namun, di antara ketiga kompetensi tersebut, yang paling utama adalah akhlak mulia atau karakter. “Lebih baik menjadi orang yang pintar tetapi berakhlak mulia, daripada menjadi orang yang bodoh dan berakhlak buruk,” tuturnya.

Setelah pemaparan berakhir, beliau memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang hadir untuk menyampaikan pertanyaan terkait pembahasan pada sesi diskusi (tanya-jawab). Para mahasiswa cukup antusias mengikuti acara ini. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Dengan demikian, kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Menuju SDM Syariah yang Unggul” Bersama Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag., pun dapat berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.