Kamis, 27 November 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman dan membumikan ilmu dalam tataran praktis STISHK Kuningan melaksanakan praktikum selama dua minggu dari mulai tanggal 16-26 November 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di dua pengadilan agama yaitu Pengadilan Agama Kuningan dan Pengadilan Agama Cirebon.

Mahasiswa semester VII diajarkan bagaimana tata kelola pengadilan, proses pengajuan perkara hingga beracara dipengadilan agama. Mahasiswa selama beberapa hari diberikan tugas untuk mempraktikan keilmuannya di tiga bidang berbeda dari mulai kesekretariatan, kepanitraan dan persidangan yang dibiumbing langsung oleh ahlinya.

Kegiatan ini ditutup dengan simulasi sidang, Mahasiswa ditugaskan untuk menjalankan acara persidangan baik sebagai hakim, mediator, advokat, hingga saksi. Proses simulasi ini di nilai langsung oleh Hakim Pembimbing dari peradilan agamanya masing-masing. Hal tersebut diharapkan mahasiswa dapat merasakan kondisi real bagaimana suatu peradilan tersebut berlangsung.

Kegiatan ini insya Allah akan terus dilaksanakan dan dikembangkan setiap keilmuan dan pengalaman mahasiswa terutama dibidang Hukum Islam. Sehingga alumni memiliki kesiapan yang memadai menghadapi dunia kerja yang akan dihadapinya. (y.f.arifudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *