Kuningan – Rabu, 21 Oktober 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Husnul Khotimah (STISHK) Kuningan, Jawa Barat telah mengadakan Webinar Kebangsaan Hari Santri Nasional  dengan mengangkat tema “Peran Santri dalam Pembangunan dan Peradaban Bangsa “. Webinar ini bersifat umum dan dapat diikuti oleh berbagai macam kalangan dengan tujuan menyambut serta memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020, webinar ini berlangsung secara online menggunakan platform Zoom dan live di YouTube STISHK Kuningan agar dapat diikuti oleh masyarakat luar kuningan bahkan luar jawa barat, selain itu di masa pandemi ini, webinar online adalah solusi efektif untuk membantu pencegahan penyebaran virus Covid 19.

Menghadirkan pemateri yang sangat luar biasa yaitu Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A., sebagai Wakil Ketua MPR RI dan di moderatori oleh Ustadz Dr. Mualim, S.Pd.I., M.A. sebagai dosen STISHK. Webinar di mulai pada pukul 09.30 WIB dengan pembukaan yang dipandu oleh MC ustadz Dr. Yadi Fahmi Arifuddin, S.S.I., M.Pd.I., pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Rizal Muhammad Yusuf mahasiswa semester III STISHK Kuningan, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekaligus Mars Husnul Khotimah.

Sambutan yang disampaikan oleh Ketua STISHK Kuningan Dr. Alfan Syafi’i, Lc., M.Pd.I., meliputi rasa syukur dan pengenalan profil kampus STISHK yang bervisi Scientific, Quranic, Integrity, dilanjut sambutan oleh Mudir Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang diwakili oleh K.H. Mulyadin, Lc., M.H. dikarenakan Mudir Ponpes Husnul Khotimah sedang menghadiri rapat yayasan di waktu bersamaan, namun itu semua tidak menghilangkan semangat dalam kegiatan webinar ini.

Kegiatan berlangsung secara lancar dan penuh antusias, webinar ini diikuti oleh sekitar 350 peserta ditambah dengan beberapa pondok pesantren yang mengadakan nobar (Nonton Bareng)  bersama para santri nya, seperti di pondok pesantren Al-Ukhuwah Malang, pondok pesantren Nurul Huda Tugu Harum, pondok pesantren Daarul Ukhuwah Malang Jawa Timur, pondok pesantren Ar-Ruhama dan beberapa pondok pesantren lainnya, bahkan masyarakat yang tidak mondok juga ikut serta dalam acara webinar ini.

Materi oleh Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A., diawali dengan penyampaian sejarah penetapan Hari Santri, definisi Santri baik itu secara umum dan khusus, lalu diakhiri dengan materi peran dan kontribusi nyata santri sejak dulu hingga sekarang. “Kalau dilihat dari peran santri, maka demikianlah yang kita dapatkan secara nyata, baik kita lihat dari sejarah. Ibnu Khaldun dalam kitab Muqoddimah menyampaikan ‘Sejarah adalah pengulangan’ maka dari itu peran santri dulu sudah ada, dan peran itu juga bisa dilakukan oleh santri pada masa sekarang dengan latar belakang yang beragam tentunya” ujar Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A,.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pada sesi ini diberi kesempatan untuk 3 penanya baik melalui kolom chat via Zoom atau YouTube. Acara diakhiri dengan foto bersama dan penutupan oleh MC, Dr, Yadi Fahmi Arifuddin, S.S.I., M.Pd.I.

“Jazakumullah Khoiron Katsiron kepada Ustadz Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A., yang sudah sharing ilmunya dalam acara ini dan Jazakumullah juga untuk seluruh peserta yang luar biasa yang sudah mengikuti acara dari awal hingga akhir. Mewakili panitia kami meminta maaf jika ada kekurangan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” tutup moderator untuk mengakhiri acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *